Ngaben Massal di Desa Adat Munduk Andong, Tabanan.
Sumber :
  • aris wiyanto

Ngaben Massal di Desa Adat Munduk Andong Tabanan Melibatkan 25 Sawa

Jumat, 20 Oktober 2023 - 11:57 WIB

Tabanan, tvOnenews.com - Warga Desa Adat Munduk Andong, Desa Bangli, Kecamatan, Baturiti, Tabanan menggelar ngaben massal pada Kamis (19/10). Sebanyak 25 sawa diikutkan dalam prosesi ngaben ini.

Ngaben massal ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Selain untuk kebersamaan memperat hubungan antar krama, ngaben massal ini juga bertujuan untuk meringankan biaya.

Setiap keluarga peserta ngaben massal ini dikenakan biaya sebesar Rp7.000.000. Secara nilai, nominal ini terbilang relatif murah jika dibandingkan ngaben yang dilaksanakan sendiri.

"Selain 25 sawa, ada delapan ngelungah (bayi atau anak yang belum tanggal gigi) yang ikut dalam ngaben massal ini. Astungkara acara berjalan lancar," ujar I Nyoman Sumawan, Ketua Panitia Ngaben Massal usai acara.

Berbeda dengan ngaben di beberapa tempat yang jenazahnya diambil langsung dengan menggali serta, pada ngaben ngirit di Munduk Andong ini, sawa atau jasadnya disimbolkan dengan kayu cendana yang berisi sesuratan aksara Bali.

Menurut Ida Pedanda dari Griya Kemenuh Kalibalang, sombolisasi dengan menggunakan kayu cendana atau majegahu dilakukan ketika proses ngaben yang tidak ada jasadnya.

"Kenapa menggunakan kayu cendana atau majegahu? Itu karena kedua kayu ini diyakini sebagai pohon suci yang tumbuhnya di surga," terang Ida Pedanda usai muput karya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral