Upaya pembasahan permukaan dan penguraian gas metan di TPA Suwung, Denpasar Selatan.
Sumber :
  • Pemkot Denpasar

Luas Kebakaran Lahan TPA Suwung Berkurang, Pemadaman Dilakukan dengan Ekskavator

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 10:23 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Penanganan musibah kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar Selatan masih terus dilakukan petugas gabungan.

Hingga Jumat (27/10), petugas masih terus berjibaku memadamkan titik api di TPA Suwung yang masih tersisa.

Sekretaris BPBD Kota Denpasar yang juga selaku Kepala Pos Komando, Ardi Ganggas mengatakan, berdasarkan pantauan di lapangan, kepulan asap di TPA Suwung sudah mulai menipis. Meski demikian, penanganan terus dioptimalkan guna mengantisipasi meluasnya titik api.

Pihaknya juga menerangkan, saat ini rencana operasi difokuskan pada penanganan darat. Hal ini dilaksanakan dengan menerjunkan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Denpasar, Damkar Badung, Damkar Pelindo, hingga water cannon Polda Bali. Di mana, fokus pengambilan air saat ini dilaksanakan di Waduk Muara Nusa Dua atau Estuari Dam. 

"Untuk pengambilan air kita fokuskan di Waduk Muara atau Estuari Dam," kata Ganggas.

Ia menerangkan, saat ini rencana operasi difokuskan di sisi timur dan sisi barat. Hal ini lantaran masih ditemukan titik api, khususnya di zona 2 dan 3 TPA Suwung. Namun demikian, luas lahan yang terbakar sudah mulai berkurang, yakni dari 32,48 hektare, yang masih dalam fokus penanganan yakni seluas 2,8 hektare. 

Ardi Ganggas menyampaikan, saat ini metode pemadaman dilaksanakan dengan sistem darat. Adapun strateginya yakni dengan mengurai gas metan menggunakan eskavator dan melaksanakan pembasahan terus menerus di permukaan sampah. Langkah ini diyakini efektif dalam mendukung pemadaman api. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral