Pelaku saat diamankan di Mapolres Jembrana, Bali, Kamis (9/11)..
Sumber :
  • aris wiyanto

Dokter Gadungan Tipu dan Poroti Pacar di Bali hingga Puluhan Juta Rupiah 

Kamis, 9 November 2023 - 18:45 WIB

Jembrana, tvOnenews.com - Pihak kepolisian Polres Jembrana menangkap seorang dokter gadungan bernama I Putu Eka Satya Tanaya (34) asal Desa Gesing, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Pelaku ditangkap karena melakukan penipuan dan memoroti pacarnya sendiri, Ni Kade Sonia Pradesi (26) hingga mencapai puluhan juta rupiah.

"Modus operandinya, tersangka mengaku-ngaku sebagai seorang dokter agar korban mau menjalin hubungan pacaran dengannya dan selanjutnya tersangka meminta uang dari korban," kata Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Agus Riwayanto Diputra, di Mapolres Jembrana, Kamis (9/11).

Awalnya korban dan pelaku berkenalan pada tahun 2020, lalu korban berteman baik dengan pelaku. Kemudian, pelaku mengaku sebagai dokter spesialis anastesi dengan Nomor ID: NPA IDI 141789 yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam, di Jalan Sunset Road, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, dan di RSU Wangaya, Kota Denpasar.

Seiring berjalannya waktu, korban dan pelaku akhirnya menjalin hubungan berpacaran. Lalu, pada tanggal 11 Maret 2022 pelaku meminta bantuan dari korban untuk mengurus pembayaran pelunasan sepeda motor milik pelaku sebesar Rp20 juta dengan cara transfer ke rekening pelaku.

Selanjutnya, pelaku meminjam uang ke korban beberapa kali hingga mencapai Rp37 juta dan pelaku berjanji akan mengembalikan uang tersebut setelah tanah milik pelaku laku terjual.

Selain melakukan penipuan kepada pacarnya sendiri. Pelaku juga memperdaya seseorang pria bernama Ida Bagus Adi Naranatha. Pelaku mengajak kerja sama di bidang kesehatan, dan Ida Bagus Adi Naranatha akhirnya tertarik dan mentransfer uang sebesar Rp4,5 juta kepada pelaku. Tetapi, hingga saat ini kerja sama yang dijanjikan tidak berjalan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral