Dua Pensiunan Guru asal Nusa Penida Ditipu Notaris.
Sumber :
  • tvOne - alfani syukri

Jual Tanah Warisan, Dua Pensiunan Guru asal Nusa Penida Ditipu Notaris

Senin, 4 Desember 2023 - 14:11 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Miris nasib dua orang pensiunan guru asal Nusa Penida yang merupakan kakak adik di Klungkung merana, setelah keinginannya untuk menjual tanah warisan mereka ditipu oleh oknum notaris.

I Nyoman Kastawa (59) dan I Nyoman Danaya (62), korban penipuan oknum notaris ini pun kini pasrah lantaran tanah warisan milik keduanya yang berlokasi di Dusun/pun, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung seluas 42.900 meter persegi dibalik nama oleh oknum notaris di Labuan Bajo bernama Intan Prihatina.

Korban Kastawa dan Danaya dengan didampingi kuasa hukumnya I Gede Susila Yasa menceritakan kronologi awal yang menimpanya. Dimana pada tahun 2016, ada orang yang membantu menawarkan tanah warisan miliknya. Setelah terjadi nego, tanah itu disepakati dijual Rp8 juta per are.

Singkat cerita, proses jual belinya berlangsung di notaris Anak Agung Ngurah Bagus Jayendra di kawasan Denpasar. Disana kedua korban kaget saat membaca akta perjanjian ikatan jual beli nomor 01, tanggal 3 Mei 2016 Pasal 2 berbunyi “Ikatan jual beli di atas dilakukan dan diterima dengan harga sebesar Rp1,3 miliar”.

Pihak kedua menyatakan telah membayar uang sejumlah tersebut di atas sebelum akta ini ditandatangani dan pihak pertama, menyatakan telah menerima uang sejumlah tersebut di atas, sehingga untuk penerimaannya akta ini berlaku pula sebagai kwitansinya yang sah.

"Pada waktu saya tanya kok nilai harga tanah saya Rp1,3 miliar, sedangkan saya sudah berjanji untuk menjual tanah dengan harga Rp8 juta per are. Notaris Anak Agung Ngurah Bagus Jayendra bilang sengaja dibuat harga sekian sebenarnya Rp3.432.000.000. Itu dilakukan untuk mengurangi pajak,” ungkap Nyoman Kastawa.

Setelah menandatangi surat-surat dan penyerahan sertifikat, notaris Anak Agung Ngurah Bagus Jayendra mengatakan uangnya akan ditransfer karena jumlahnya banyak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral