aktivitas vulkanik gunung api lewotobi Laki-laki di kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.
Sumber :
  • Oktavianus Fredi Koban

Gunung Lewotobi Laki-laki Semburkan Asap dan Gas Vulkanik Setinggi 1,5 Km

Jumat, 29 Desember 2023 - 19:15 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Meskipun berstatus level 2 (waspada), namun aktivitas vulkanik gunung api lewotobi Laki-laki di kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, terus terjadi. 

Sejak Jumat (29/12/2023) pagi hingga petang, gunung api dengan ketinggian 1.584 meter dari permukaan laut ini, terus mengeluarkan asap dan gas vulkanik dengan ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter dari lereng gunung. 

"Ya Slsejak pagi hingga petang ini, aktivitas vulkanik diwarnai dengan gempa hembusan asap dan gas vulkanik," Kata Zakarias Dedu Ghele Raja, Kepala Balai Pengamatan Gunung Api dan Mitigasi Bencana, gerakan tanah wilayah NTT.

Dijelaskan Zakarias Raja, dalam 24 jam terakhir, data Pos Pengamatan gunung lewotobi Laki-laki yang berada di Desa Hululera, tercatat adanya aktivitas kegempaan berupa gempa hembusan sebanyak 6 kali, gempa vulkanik dalam 4 kali, gempa tektonik jauh dan gempa tektonik lokal. "Saat ini gempa hembusan masih mendominasi aktivitas vulkanik gunung lewotobi dan terekam terjadi selama 17-60 detik," jelas Zakarias. 

Meski pun belum ada peningkatan status dari waspada ke siaga, lanjut Zakarias, pihak Balai Pengamatan Gunung Api dan Mitigasi Bencana, gerakan tanah wilayah NTT, mengharapkan warga agar selalu waspada, tenang dan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari puncak gunung, mengingat adanya potensi bahaya gas beracun yang keluar dari lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah gunung. 

"Warga harus waspada dan tenang, serta tidak terpancing informasi hoax. Dan lebih penting lagi, jangan beraktivitas di radius 2 km dari puncak gunung," pintahnya. (ofk/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral