Harga cabai di pasar tradisional naik.
Sumber :
  • Antara

Pasokan Kurang, Harga Cabai Rawit di Mataram Naik Hampir Dua Kali Lipat

Sabtu, 17 Februari 2024 - 11:11 WIB

Mataram, tvOnenews.com - Harga cabai rawit pada sejumlah pasar tradisional di Mataram, mengalami kenaikan dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu per kilogram akibat kurang pasokan.

"Mulai dari harga RpRp30 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu naik lagi jadi Rp44 ribu, naik lagi Rp50 ribu dan kini menjadi Rp55 ribu per kilogram," sebut Kepala Bidang (Kabid) Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Jumat (16/2/2024).

Sementara untuk harga cabai merah besar dan cabai merah keriting saat ini masih bertahan pada angka Rp60 ribu per kilogram dan berada di atas harga normal sekitar Rp25 harga per kilogram.

Menurut Sri, kenaikan harga cabai rawit tersebut dipicu karena pasokan berkurang yang disebabkan faktor perubahan cuaca dengan masuknya musim hujan.

"Dengan demikian, produksi beberapa kabupaten/kota penghasil cabai di daerah ini mulai menurun sehingga memicu kenaikan harga," katanya.

Terkait dengan itu, pihak sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait diantaranya Dinas Perdagangan Provinsi NTB agar dapat mendatang cabai dari luar daerah sebagai bagian upaya stabilkan harga agar tidak memicu inflasi.

"Minggu lalu, saya studi tiru ke luar daerah dan terlihat cabai petani di Pulau Jawa sudah hampir merah dan siap panen. Jika cabai dari luar daerah bisa masuk, maka itu bisa menekan harga cabai di kota ini," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral