Proses persalinan berlangsung di atas kapal.
Sumber :
  • Oktavianus Fredi Koban

Dramatis, Seorang Bumil di NTT, Melahirkan Bayi Perempuan di Atas Kapal

Kamis, 21 Maret 2024 - 13:31 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Dramatis, Maria Ose Herin, seorang ibu hamil (Bumil)asal desa Titehena, Kecamatan Solor Barat, Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, melahirkan seorang bayi perempuan di atas Kapal Motor Basa Raya, saat dalam pelayaran rujukan dari puskesmas Ritaepang menuju Rumah Sakit Larantuka. 

Proses persalinan pun berjalan lancar walaupun di tengah laut, lantaran dibantu lima orang tenaga Kesehatan Puskesmas Ritaebang yang ikut merujuk ibu hamil tersebut. 

"Kejadiannya Kemarin (selasa) sekitar jam 11.00 Wita, saat KM Basaraya berada di tengah laut, tepatnya di tanjung gemuk," ungkap Yasinta Lewar, salah Bidan Puskesmas Ritaebang yang ikut membatu pertolongan kepada ibu yang melahirkan tersebut, kepada tvOnenews.com, Rabu (20/3/2024) siang. 

Dikisahkan bidan Yasinta, saat dalam pelayaran, Maria Ose Herin yang difasilitasi 2H2 Center Dinas Kesehatan Flores Timur hendak dirujuk dari Puskesmas Ritaebang ke RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, tiba-tiba tubuhnya mengalami keram dan kejang.

Dan saat tubuh Bumil tersebut diusap oleh salah satu Nakes lainnya, ternyata badan bayi sudah mulai terlihat.

"Saat itu, ibu Herin merintih kesakitan di dalam kapal. Karena badan bayi semakin terlihat, kami berempat tenaga medis yang mendampingi ibu itu langsung mengambil tindakan cepat membatu proses persalinan," kisah Yasinta. 

Meski berhasil dalam proses persalinan, lanjut Yasinta, dirinya bersama empat bidan lainnya sempat dibuat cemas karena bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 2,2 kilogram itu tak mengeluarkan suara tangisan dan badannya tampak biru.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral