Petugas tim vaksin gabungan menyisir desa untuk memberikan vaksin anti rabies.
Sumber :
  • Tovik Koban

Perangi Rabies, Ribuan Anjing di Pulau Palue Divaksin

Rabu, 24 April 2024 - 19:35 WIB

Sikka, tvOnenews.com - Perangi Rabies di Pulau Palue yang menjadi zona merah dengan tiga kasus kematian akibat gigitan anjing Rabies, Tim gabungan yang terdiri dari petugas Kesehatan Hewan bersama aparat Kecamatan, TNI dan Polri melakukan vaksinasi Hewan Penyebab Rabies. 

"Ini hari kedua tim melakukan vaksinasi HPR di pulau Palue, karena zona merah Rabies dengan tiga kasus kematian warga," Kata Camat Palue, Rudolfus Riba, kepada tvonenews saat melakukan Vaksinasi di Desa Nitung Lea, Rabu (24/4/2024) siang. 

Dijelaskan Camat Palue, dalam melakukan vaksinasi terhadap 2.057 ekor anjing yang diduga sebagai Hewan Penyebab Rabies, Tim Vaksinasi  dari dinas Pertanian bidang kesehatan hewan menggunakan 1.100 vial Vaksin

"Vaksinisi ini kita lakukan karena adanya Peningkatan kasus gigitan Hewan Penyebab Rabies di Pulau Palue sejak Maret hingga April 2024 dengan jumlah kasus Kematian sebanyak 3 orang warga di mana jumlah populasi HPR sebanyak 2.057 ekor anjing yang tersebar di delapan desa," jelasnya. 

Menurut Devi, dari delapan desa yang ada di pulau Palue, tim hanya mampu melakukan vaksinasi di enam desa yang ada. Kondisi ini dikarenakan persediaan vaksin HPR yang terbatas. 

"Karena vaskin HPR terbatas, kita fokus pada desa-desa dengan jumlah HPR terbanyak dan juga desa yang menjadi korban gigitan anjing gila," tegas Devi. 

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, menyebutkan bahwa untuk sementara stok vaksin HPR di Kabupaten Sikka saat ini kosong. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral