ikan duyung mati terdampar.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Seekor Ikan Duyung Ditemukan Warga Mati Terdampar

Jumat, 18 Februari 2022 - 18:46 WIB

Denpasar, Bali - Seekor dugong atau sering dikenal dengan ikan duyung ditemukan terdampar di pantai Watu Jimbar, Danur, Denpasar. Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL), Permana Yudiarso mengungkapkan, dugong ini ditemukan warga. Namun sayang, saat ditemukan dugong tersebut sudah tidak bernyawa. 

"Tim Respat tiba di lokasi saat kondisi dugong sudah ditarik ke pinggir pantai oleh masyarakat. Dari hasil identifikasi dan pengukuran morfometri, mamalia tersebut adalah jenis dugong dugon dengan panjang total 253 cm dan lingkar badan 174 cm dalam kondisi mati, kode 3 (membusuk)," jelas Yudiarso. 

Dugong terdampar pada Selasa (15/2/2022) lalu. Lantaran sudah membusuk, jasad dugong tersebut langsung dikuburkan petugas dengan jarak kurang lebih 15 meter dari batas pasang air laut. Proses penanganan ini melibatkan pihak dari PSDKP Benoa, Polairud Polda Bali, Polairud Resta Denpasar, BKSDA Bali, TCEC Serangan, dan masyarakat sekitar.

Dia menambahkan tidak diketahui pasti penyebab matinya dugong, karena tidak dilakukan proses nekropsi. 

"Dugaan awal karena penyakit, kemungkinan dari makanan. Makanan dia itu lamun, kita khawatir bisa jadi terkontaminasi zat-zat lain seperti racun gitu yang menyebabkan dia sakit," ucap Yudiarso. (Aris Wiyanto/hen) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral