Sejumlah pejabat Bali memantau kondisi air terjun Tegenungan di Gianyar, Bali..
Sumber :
  • ANTARA

Air Terjun Tegenungan Bali Masih Memikat Wisatawan Domestik

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:44 WIB

Gianyar, Bali - Air Terjun Tegenungan yang terletak di Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, masih memikat kunjungan wisatawan domestik, khususnya saat akhir pekan dan hari libur.

"Sekarang kunjungan didominasi wisatawan domestik, apalagi saat 'weekend' dan hari libur pasti naik. Ada juga wisman yang memang mereka menetap di Bali," kata Manajer Operasional Air Terjun Tegenungan, Dewa Gede Oka di Gianyar, sebagaimaan dikutip Rabu (23/2/2022).

Dewa Oka tidak memungkiri pandemi COVID-19 telah menyebabkan kunjungan ke air terjun tersebut turun drastis. Sebelum pandemi, kunjungan per hari berkisar 700 hingga 1.000 orang.

Saat itu, menurut dia, Air Terjun Tegenungan selain dikunjungi wisatawan domestik, juga telah menarik perhatian wisman dari berbagai negara seperti China, Jepang, Rusia, Inggris, Australia, Amerika Serikat dan sebagainya.

"Namun, sekarang di hari biasa, kunjungan hanya sekitar 40 orang per hari. Tetapi saat weekend bisa lebih ratusan wisatawan domestik yang datang," ucapnya saat berdialog secara virtual dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah Made Mangku Pastika itu.

Air terjun yang dilengkapi fasilitas kolam renang dan sejumlah spot untuk berswafoto itu sebelumnya juga menjadi rangkaian paket wisata dari Barong Kecak di Batubulan, Kintamani, Tegallalang Rice Terrace, dan Monkey Forest.

Yang tidak kalah menarik, di kawasan tersebut juga ada Pura Pancoran 11 yang selama ini dipercaya warga untuk melakukan upacara melukat (penyucian) dan air pancoran yang digunakan untuk air minum warga sekitar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral