peserta Ogoh-ogoh wajib vaksin dan tes antigen dahulu.
Sumber :
  • tim tvone - alfani

Ogoh-Ogoh di Bali Tetap Dilaksanakan dengan Prokes Ketat

Rabu, 2 Maret 2022 - 18:47 WIB

Denpasar, Bali - Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah daerah Bali, mengeluarkan persyaratan bagi warga yang akan melakukan arak-arakan ogoh-ogoh pada malam pengerupukan nanti. Persyaratan tersebut berupa peserta pengarak ogoh ogoh harus telah mendapat vaksin dan menjalani tes antigen terlebih dahulu. 

Wali kota Denpasar I Gusti Ngurah Jana Negara menyatakan, pihaknya berharap masyarakat tetap menerapkan ptotokol kesehatan pada malam pengerupukan nanti.

"Terkait masalah arak-arakan ogoh-ogoh kami sebagai pemerintah kota Denpasar telah meyerahkan ke masing-masing desa adat untuk tetap menerapkan  prokes pada saat arak arakan ogoh ogoh," Ungkapnya.

Sementara itu pihak bendesa adat Banjar Monang Maning, Agus Triantara menyatakan, utntuk mengantisipasi penyebaran covid-19 pada perayaan malam pengerupukan nanti, pihaknya telah mendata para pemuda yang telah di vaksin dan telah menjalani tes antigen terlebih dahulu sebelum mengikuti arak arakan ogoh ogoh.

"Kami telah mendata pemuda kami yang telah mendapat vaksin minimal dua kali, selain itu mereka yang akan mengarak ogoh-ogoh telah jalani tes antigen kemarin dengan hasil negatif, selain itu kami membatasi jumlah mereka yang akan mengikuti arak arakan ogoh-ogoh." ujar bendesa adat monang maning ini . 

Arak arakan ogoh-ogoh sendiri merupakan ritual yang dilakukan oleh ummat Hindu Bali sebelum menjalani tapa brata penyepian, dimana mereka akan mengarak ogoh ogoh berkeliling  desa mereka, dan nantinya ogoh-ogoh ini akan dibakar di perbatasan desa untuk menghindari desa mereka dari ganguan roh jahat saat nyepi besok. (Alfani syukri/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral