1610 personil gabungan disiapkan untuk Operasi Gelar Agung V-2022, rangkaian kegiatan pertemuan KTT G20.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

1610 Personil Gabungan TNI Polri Siap Amankan Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank G20 di Bali

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:44 WIB

Badung, Bali - Sebanyak 1610 personil gabungan TNI dan Polri disiapkan untuk Operasi Gelar Agung V-2022, dalam rangka pengamanan rangkaian kegiatan pertemuan KTT G20, yakni pertemuan ketiga Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) dan Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD), yang digelar di kawasan ITD, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Kegiatan tersebut akan digelar mulai tanggal 13 sampai 16 Juli 2022, yang direncanakan akan dihadiri 71 delegasi dari negara-negara anggota G20 dan negara tamu, dan beberapa organisasi internasional yang diundang.

"Ini dalam rangka gelar pasukan pengamanan rangkaian kegiatan G20. Ada dua kegiatan yang penting disini, pertama kegiatan FMCBG dan yang kedua FCBD juga digelar disini," kata Wakapolda Bali, Brigjen Pol I Ketut Suardana, saat usai apel gelar pasukan di Lapangan ITDC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (12/7).

Ia juga menyebutkan, kegiatan ini dihadiri dari TNI dan Polri, serta instansi terkait untuk melaksanakan pengamanan dua kegiatan tersebut.

"Pasukan kita kerahkan disini ada 1550 personel (dari polri), ditambah masing-masing dari TNI. Jadi, seluruhnya ada 1610, kita kerahkan dan semuanya, satgas sudah kita berikan SOP nya dan panduan-panduan operasi kita sampaikan, kita mematuhi semua proses manajerial pengamanan," imbuhnya.

Sementara itu, untuk antisipasi pada dua kegiatan tersebut yaitu seluruh petugas pengamanan baik dari internal kepolisian atau eksternal, instansi terkait mematuhi panduan SOP.

"Operasi kita patuhi, sehingga situasi yang berkembang di lapangan diantisipasi cepat itu yang pertama. Kedua, kita meminta penguatan protective policing dan early warning ini penting sekali. Karena, potensi ancaman bisa selalu berubah fluktuatif dan kita harus selalu siap mengantisipasinya dan ketiga kita ingatkan jangan underestimate kita harus selalu waspada," ujarnya. (awt/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:58
01:33
13:56
04:59
09:59
Viral