Istana Dalam Loka, lokasi pelaksanaan Mudzakarah Rea LATS yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2022..
Sumber :
  • tim tvone/irwan

Digelar Setiap 5 Tahun Sekali, Lembaga Adat Tana Samawa Bakal Punya Hajat Besar

Minggu, 11 September 2022 - 09:56 WIB

Sumbawa, NTB- Mudzakarah Rea atau Musyawarah Besar Lembaga Adat Tana Samawa atau LATS akan segera bergulir. Muzakarah Rea rencananya akan digelar  pada tanggal 28 Oktober hingga tanggal 30 Oktober 2022 mendatang di Istana Dalam Loka, Sumbawa Besar.  

"Muzakarah rea akan digelar sesuai agenda rutin setiap 5 tahun dalam rangka menyusun program strategis lembaga adat, mengevaluasi program-program yang sudah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir sekaligus prosesi pergantian atau pemilihan pengurus baru periode 2022 hingga 2027," ujar Ketua Panitia Mudzakarah Rea Dea Guru, Syukri Rahmat, Minggu (11/09/2022).

Agenda lain yang akan dilaksanakan pada muzakarah ini antara lain, menetapkan program kerja, anggaran dasar anggaran rumah tangga, menetapkan pola dasar masyarakat, merumuskan konsep strategis pelestarian dan pengembangan nilai budaya, merumuskan konsep adat istiadat tana Samawa dan lainnya. 

Menurutnya, Muzakarah kali ini mengusung tema "Terwujudnya masyarakat Samawa yang religius, modern dan demokratis, berdasarkan prinsip kerik selamat, tau ke tana Samawa, takit ko nenek kangila boat lenga".

Bazar UMKM dan Festival Budaya 

Sebagai ajang satu kali dalam 5 tahun ini, selain berisi sidang-sidang dengan berbagai narasumber yang dihadirkan sesuai materi dan tema masing-masing. Muzakrah Rea kali ini juga akan diramaikan dengan kemasan baru untuk peningkatan ekonomi masyarakat serta pelestarian adat dan budaya suku Sumbawa.

"Insya Allah akan ada kemasan baru, yakni berupa Bazar UMKM dan Festival Kebudayaan," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral