BMKG Perkirakan Masa Peralihan Musim Cenderung Terjadi Cuaca Ekstrim di wilayah Bali.
Sumber :
  • Tim tvone - alfani

BMKG Perkirakan di Masa Peralihan Musim Cenderung Terjadi Cuaca Ekstrim di Wilayah Bali

Senin, 19 September 2022 - 22:37 WIB

Badung, Bali - Sebagian wilayah di Bali telah memasuki masa peralihan musim. Pada masa peralihan musim biasanya cenderung akan terjadi fenomena cuaca ekstrim.

Kondisi tersebut disebabkan indeks ENSO pada bulan September 2022 sebesar -1.07, menunjukan La Nina Moderat dan indeks IOD menunjukan IOD negatif, signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wilayah Indonesia. 

Turunnya hujan akan dibarengi dengan peningkatan kecepatan angin di sebagian besar wilayah Bali. Kondisi tersebut disebabkan indek IOD negatif memicu peningkatan konveksi di Indonesia yang mana hal ini dapat memicu terbentuknya awan-awan konvektif, dengan adanya banyak awan konvektif berpeluang terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Kondisi tersebut terbilang masih normal, mengingat sudah memasuki masa peralihan musim", jelas, Prakirawan BMKG wilayah III Denpasar, I Gede Agus Mahendra, Senin,(19/9) di Badung.

Dirinya menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir. Diharapkan juga agar senantiasa selalu update informasi cuaca untuk terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. (asi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral