Mendag Zulkifli Hasan dan Wapres Komisaris Eropa Valdis Dombrovskis.
Sumber :
  • tvOne - aris wiyanto

Bertemu Perwakilan Uni Eropa, Mendag Zulkifli Hasan Harapkan Percepatan Penyelesaian Perundingan IEU–CEPA

Kamis, 22 September 2022 - 10:39 WIB

Badung, Bali – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan bertemu Wakil Presiden Eksekutif/Komisaris Eropa (EVP) untuk perdagangan Valdis Dombrovskis, Rabu (21/9). Pertemuan tersebut membahas hubungan dan kerja sama perdagangan bilateral, terutama perkembangan perundingan persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif IndonesiaUni Eropa (IEU–CEPA).

Pertemuan bilateral dilaksanakan di sela-sela G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, 21 sampai 23 September 2022.

“Perundingan IEU–CEPA adalah agenda prioritas Indonesia. Mengingat besarnya potensi ekonomi Indonesia dan Uni Eropa. Kita mendorong perundingan untuk segera selesai dan
diimplementasikan,” ujar Mendag Zulkifli Hasan saat pertemuan.

Perundingan IEU–CEPA sendiri telah dimulai sejak 2016 dan akan memasuki putaran ke 12 pada Oktober 2022 mendatang. Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya upaya bersama untuk mencapai kesepakatan dalam isu-isu yang masih terbuka.

“Saya yakin dengan fleksibilitas kedua pihak, kita dapat mencapai kemajuan signifikan dalam putaran berikutnya dan segera mencapai kesepakatan,” tegas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan dan EVP Dombrovskis juga membahas perkembangan kebijakan
perdagangan kedua pihak. Indonesia mengharapkan produk-produk pertanian rakyat Indonesia tidak mengalami hambatan di pasar Uni Eropa akibat perkembangan kebijakan lingkungan Uni Eropa.

Selain hubungan bilateral, EVP Dombrovskis menyampaikan apresiasi dan dukungan Uni Eropa atas Presidensi G20 Indonesia. Kerja sama dan kolaborasi negara-negara G20 sangat krusial dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral