Polres Cilegon: Ledakan di Pabrik Kimia Bukan Bahan Peledak.
Sumber :
  • antara

Polres Cilegon: Ledakan di Pabrik Kimia Bukan Bahan Peledak

Rabu, 23 Februari 2022 - 20:24 WIB

Cilegon, Banten - Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono memastikan suara atau dentuman yang terdengar di wilayah Merak dan sekitarnya bukan dari bahan peledak.

Hal itu diungkapkan AKBP Sigit Haryono saat melakukan pengecekan lokasi sumber dari suara atau dentuman di PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI), Merak, Banten, Rabu.

Dalam pengecekan tersebut Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono didampingi Komandan Gegana Brimob Polda Banten, AKBP Ndaru Istimawan serta manajemen perusahaan PT MCCI Cilegon.

Sigit Haryono mengatakan ledakan tersebut terjadi sekira pukul 04.00 WIB, diduga terjadi akibat salah satu pipa putus dan menimbulkan ledakan di Purified Terephthalic Acid (PTA) 1 atau bagian produksi. Pipa tersebut berisikan bubuk plastik bercampur air dan minyak yang merupakan bahan dasar pembuatan benang baju.

"Kami memastikan bersama manajemen perusahaan dan Gegana Satbrimob Polda Banten untuk keselamatan karyawan, kemudian menjaga status quo di pabrik ini. Setelah itu melakukan pembersihan terhadap cairan-cairan kimia yang memang baunya menyengat tapi tidak berbahaya," kata Sigit Haryono.

Sigit Haryono mengatakan, PT MCCI Cilegon akan melakukan 'maintenance' dalam waktu dekat ini, akan tetapi sebelum melakukan maintenance sudah terjadi insiden ledakan ini.

"Lokasi ledakan yang terjadi lebih spesifiknya di PTA 1 atau bagian Produksi yang berada tepat di samping pintu masuk PT Pertamina Gerem," kata Sigit Haryono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral