Para Warga Binaan Rutan Pandeglang sedang melakukan pengajian Khatam Al-quran Setiap Malam Ramadhan..
Sumber :
  • tim tvOne - Siti Ma'rufah

Warga Binaan Rutan Pandeglang Khatam Al-quran Setiap Malam Ramadhan

Minggu, 24 April 2022 - 08:06 WIB

Pandeglang, Banten - Bulan ramadhan menjadi bulan penuh ampunan bagi umat muslim, di bulan yang suci ini umat muslimin berlomba lomba berbuat amal kebaikan, salah satunya dengan membaca Al-quran. Hal itu juga terlihat di dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Pandeglang. 

Nuansa bulan suci ramadhan begitu kental di dalam rumah tahanan tersebut. Warga binaan pemasyarakatan (WBP) melaksanakan program di bulan penuh berkah ini, salah satunya dengan khatam quran setiap malam ramadhan. 

Para warga binaan dengan khusyu membaca Al-quran dalam kegiatan tadarus Al-quran kelompok. Kegiatan tadarus Al-quran tersebut rutin dilakukan selepas melaksanakan shalat tarawih oleh narapidana yang berjumlah 15 orang, yang masing masing membaca satu hingga dua juz Al-quran.

Salah satu WBP Rutan Kelas II-B Pandeglang, Abdul Azis mengaku senang dengan adanya program tersebut, karena menurutnya momen  bulan suci ramadhan merupakan kesempatan bagi para warga binaan untuk semakin mendekatkan diri pada yang maha kuasa.

"Alhamdulillah dengan adanya program dari Rutan Pandeglang kita warga binaan bisa menjalankan ibadah di bulan suci ini, dari mulai pesantren kilat, taraweh, hingga tadarus. Semoga ketika bebas, warga binaan bisa bermanfaat bagi lingkungan masyarakat," kata Abdul Azis, Minggu (24/4/2022).

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II-B Pandeglang, Ajat Sudrajat mengatakan, program tadarus khatam quran ini rutin dilakukan setiap tahun di bulan suci ramadhan. Untuk warga binaan yang mengikuti program tersebut sudah di tunjuk langsung oleh petugas rutan, dan di targetkan satu malam dapat khatam satu quran.

"Ini kita laksanakan setiap malam, target nya itu 30 juz selama bulan, tapi alhamdulillah sehari juga 30 juz sudah khatam," kata Ajat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral