Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rusdi Muslim

Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Gerbang Tol Cikupa & Merak

Kamis, 5 Mei 2022 - 20:44 WIB

Kabupaten Tangerang, Banten  - Polda Banten melakukan sejumlah persiapan jelang arus balik lebaran 2022 atau 1443 Hijriah, Kamis (5/5/2022). Dalam persiapan tersebut, sejumlah titik lintasan darat menjadi fokus dalam melancarkan arus lalu lintas, diantaranya Gerbang Tol Cikupa, Tangerang dan Gerbang Tol Merak. 

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, pengaturan arus balik yang dominan akan menggunakan jalur tol dari Gerbang Tol Merak hingga Cikupa. Yang mana, akan tetap dilakukan dengan 3 skenario oleh Polda Banten.

"Rekayasa lalu lintas untuk situasi merah akan diberlakukan dengan mengalihkan kendaraan keluar di wilayah Tangerang, seperti di Gerbang Tol Balaraja Timur, Gerbang Tol Balaraja Barat bahkan Gerbang Tol lainnya, tergantung pada situasi di Gerbang Tol Cikupa," katanya.

Situasi hijau jika kondisi arus lalu lintas normal, lanjutnya, situasi kuning jika terjadi kepadatan pada pintu tol terutama Gerbang Tol Cikupa, dan situasi merah jika kepadatan terjadi cukup panjang di jalan tol.

Ia juga mengingatkan, bahwa pada jalur Tol Merak-Jakarta memiliki dua rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pengendara yaitu Rest Area Km 68 dan Km 45.

Tiap rest area mampu menampung sekitar 100-150 unit mobil pribadi dan 100-120 unit truk, dapat dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak jika pengendara dalam kondisi lelah.

"Dengan berorientasi pada keselamatan pengendara, silahkan rest area dapat digunakan untuk berisitrahat sejenak, maksimal 1 jam beristirahat dihimbau pengendara untuk melaju kembali sehingga rest area dapat digunakan bergantian dengan pengendara lainnya," ujarnya. (rmm/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral