Ilustrasi orang yang tertular wabah cacar monyet.
Sumber :
  • tim tvOne

Pemkab Tangerang Antisipasi Masuknya Penyebaran Wabah Penyakit Cacar Monyet

Senin, 30 Mei 2022 - 10:31 WIB

Jakarta - Baru-baru ini penjuru dunia dibuat heboh karena kemunculan wabah penyakit baru yang diberi nama cacar monyet. Ketakutan akan wabah ini berubah status menjadi wabah global seperti Covid-19, Pemkab Tangerang mengambil langkah cepat mengantisipasi terjadinya penularan.

Adanya isu yang tidak sedap akan cacar monyet, Pemerintah Kabupaten Tangerang mengambil langkah dengan mengantisipasi masuknya penyebaran wabah penyakit tersebut. Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang meminta warga waspada dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sumihar Sihaloho selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang memberi keterangan bahwa telah dibuat surat edaran ke seluruh faskes di wilayah kerja Tangerang.

"Kami sudah membuat SE (Surat Edaran) ke semua faskes di wilayah kerja Tangerang guna antisipasi penularan cacar monyet dan memberi edukasi kepada masyarakat perihal PHBS," ungkap Sumihar pada wartawan, dikutip Senin (30/5/2022).

Meski untuk sementara wabah cacar monyet ini masih menjangkit di beberapa kawasan Eropa dan Amerika, tetapi upaya edukasi peningkatan pola hidup sehat ini merupakan bentuk kesadaran mencegah terjadinya penularan wabah cacar monyet yang tidak tahu kapan merambat ke negara-negara lainnya.

Pemkab Tangerang pun sudah memberi instruksi kepada seluruh puskesmas, rumah sakit, serta laboratorium untuk melakukan sosialisasi dan mendeteksi kemungkinan adanya penyebaran cacar monyet di area Tangerang.

"Hal utama mencegah terjadinya penularan virus ini adalah menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral