Ratusan mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kota Tangerang Selatan mengikuti upacara pelepasan bai'at, di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Senin (5/12/2022)..
Sumber :
  • Istimewa

Ratusan Eks NII Kota Tangsel Ikuti Upacara Pelepasan Bai'at, Janji Setia ke NKRI

Senin, 5 Desember 2022 - 21:29 WIB

Tangerang, tvOnenews.com - Ratusan mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kota Tangerang Selatan mengikuti upacara pelepasan bai'at, di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Senin (5/12/2022).

Sebanyak 270 mantan anggota NII ini menyatakan ikrar setia kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
Mereka yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, lansia hingga anak-anak itu mengenakan ikat kepala merah putih.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, mantan anggota NII yang telah berikrar kepada NKRI itu merupakan saudara sebangsa dan se-tanah air.

“Ini semua merupakan warga Kota Tangsel yang kita cintai, dan memang kita adalah warga NKRI,” kata Pilar, seusai ikrar bersama di Aula Blandongan, Kantor Wali Kota Tangsel, Senin (5/12/2022).

Sementara Direktur Pencegahan Densus 88 Polri, Brigjen Pol. Ami Prindani mengatakan, potensi radikalisme pada sejumlah daerah di tanah air termasuk tinggi. 

Karena itu, upaya pendekatan untuk menyadarkan para simpatisan dari kelompok radikal tersebut harus terus dilakukan.

“Ini harus kita lakukan pendekatan, penggalangan supaya mereka kembali. Karena tidak mungkin yang radikal itu kita tangkap semua, kita proses semua. Tidak mungkin cukup tahanan kita. Karena faktanya mereka banyak yang tidak tahu bahwa kelompok atau ajaran yang mereka ikuti radikal, atau dilarang oleh negara,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral