Mukhamad Ziban terbaring lemas di kediamannya di Desa Kaplongan Lor, Karangampel, Indramayu..
Sumber :
  • tim tvOne - Opih Riharjo

Derita Hidrosefalus, Mukhammad Ziban Bocah di Indramayu Butuh Bantuan Berobat

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:52 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Mukhammad Ziban bocah berusia 7 tahun yang tinggal di Kabupaten Indramayu, membutuhkan bantuan untuk berobat. Ukuran kepalanya yang besar membuat Ziban hanya bisa terbaring di tempat tidur. 

Kondisi miris dan mengenaskan ini sudah dialami oleh Ziban sejak lahir. Ziban divonis mengidap penyakit hidrosefalus atau pembesaran kepala. Sejak saat itu, putra dari pasangan suami istri Ade Iwan dan Dayinah hanya bisa berbaring dan hampir tidak ada aktifitas yang ia lakukan selama tinggal di Desa Kaplongan Lor, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu. 

"Ziban hanya bisa tiduran, sesekali juga suka merintih kesakitan," ujar Ibu dari Mukhammad Ziban, Dayinah kepada tvonenews.com, selasa (28/02/2023).

Penghasilan kedua orangtua Ziban tidak bisa mencukupi untuk biaya pengobatan. Dayinah mengatakan, ia dan suaminya tak mampu membiayai biaya pengobatan untuk putranya. Untuk proses pengobatan, Ziban hanya diperiksa di Puskesmas setempat, padahal Ziban harus dioperasi untuk proses penyembuhannya. 

"Biasanya rutin satu bulan sekali pemeriksaan di RS Pertamina Klayan Cirebon. Tapi sekarang enggak. Hanya pemeriksaan kondisi kesehatan di Puskesmas Karangampel," ujarnya.

Sebelumnya Ziban pernah dirujuk ke salah satu rumah sakit di Cirebon dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk membiayai proses pengobatannya. Bahkan Ziban sempat dioperasi dan kepalanya mulai mengecil. Namun dikarenakan ongkos hidup yang mahal, kedua orang tua Ziban memutuskan untuk tidak meneruskan pengobatan Ziban di rumah sakit di Cirebon. 

Kedua orang tua Ziban, kini berharap ada pihak yang bisa membantu proses pengobatan Ziban. Dan Ziban bisa sembuh dan bisa beraktifitas seperti anak seusianya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral