Petugas DKPP Kota Cirebon mengambil sampel bahan makanan untuk mengetahui kandungan zat yang terkandung di salah satu pasar di Kota Cirebon..
Sumber :
  • tim tvOne - Erfan Septyawan

Alhamdulillah, Hasil Sidak Dinas DKPP Kota Cirebon Tidak Ditemukan Formalin Pada Makanan Jelang Ramadhan

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:33 WIB

Cirebon, Jawa Barat - Jelang Bulan Ramadan 1444 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cirebon, menggelar sidak bahan makanan ke sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Cirebon, Selasa (21/03/2023).

Dalam sidak tersebut petugas mengambil sampel bahan makanan seperti komoditas sayuran, daging, dan ikan. Pengambilan sampel adalah untuk mengetahui kandungan bahan yang digunakan untuk mengawetkan makanan tidak mengandung formalin atau zat berbahaya lainnya. 

Yati Rohayati, Kepala DKPP Kota Cirebon mengatakan, petugas tidak menemukan zat formalin pada makanan jenis sayuran, buah-buahan hingga kolang kaling.

"Dari hasil pengecekan kami dilapangan, makanan segar itu negatif formalin seperti sayuran, buah-buahan, dan kolang kaling yang biasa di konsumsi masyarakat," ungkapnya.Selasa (21/03/2023). 

Sementara untuk komoditas daging, lanjut Yati, potential of hydroge (pH) didalam daging tersebut masih normal diangka 5 hingga 7.

"Untuk dagingnya, seperti daging sapi, daging ayam, hati sapi dan hati ayam semuanya negatif formalin, alhamdulillah pH nya normal antara 5 sampai dengan 7," lanjutnya.

Selain daging, Kata Yati, DKPP pun mengecek komuditas ikan, dari hasil penelitiannya, juga tidak ada ikan yang mengandung formalin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral