Emak-emak Bangunin Sahur.
Sumber :
  • Deden Ahdani

Tradisi Unik Sejak Dahulu, Emak-emak di Tasikmalaya Bangunkan Sahur Keliling Kampung

Senin, 27 Maret 2023 - 23:42 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Sejak pukul dua dinihari, sejumlah emak-emak di Kampung Keling, Desa Mandalagiri, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya sudah bersiap untuk berkeliling kampung, membangunkan warga lain untuk santap sahur.

Di tengah kesibukan untuk menyiapkan santapan sahur keluarganya, emak-emak di Kampung Keling ini nampak antusias membangunkan warga lain untuk sahur, dengan membawa peralatan seperti kaleng bekas, kokol serta kentungan. Tak hanya menyuarakan seruan sahur, para emak - emak ini pun melantunkan salawat selama berkeliling perkampungan.

Salah seorang ibu rumah tangga, Yani (40) yang ikut membangunkan sahur mengatakan, dirinya sudah sejak lama ikut membangunkan sahur bersama warga yang lain. Ia nampak bersemangat dan antusias melakukan hal tersebut, pasalnya tradisi ini sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan, sudah turun temurun dari generasi ke generasi.
 
 
"Iya ini kami lakukan dengan semangat meskipun di rumah sendiri ada yang harus diurus makan sahurnya. Anak dan suami ditinggal dulu, nanti sudah beres keliling ke rumah lagi menyiapkan sahur untuk anak dan suami," kata Yani, Senin (27/3/2023).
Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral