Longsoran batu tiba-tiba berguguran menerjang jalan desa..
Sumber :
  • Tim tvOne - Taufik Hidayah

Mencekam! Longsoran Batu Besar Terjang Talegong Garut

Kamis, 30 Maret 2023 - 11:28 WIB

Garut, Jawa Barat - Suasana mencekam terjadi saat bencana longsoran batu-batu besar menerjang wilayah Kecamatan Talegong Garut, Jawa Barat. Masyarakat dibuat panik, setelah batu dari aras tebing menggelinding ke dekat area pemukiman.

Warga Rumah Peutey, Gunung Cabe, Desa Mekarmulya Kecamatan Talegong Garut, dibuat panik saat batu-batu besar mengalami longsoran dan hampir menerjang pemukiman warga. Longsor batu besar itu kemudian terhenti setelah menutup jalan Kabupaten Garut - Talegong. Status jalan yang tertimbun longsor bebatuan itu merupakan jalan milik pemerintah kabupaten (Pemkab) yang biasa dijadikan akses masyarakat menuju area kantor Kecamatan.

"ya longsor terjadi pada Rabu (29/3/2023) sore kemarin. batu besar menerjang jalan kabupaten, ada satu rumah yang terdampak, karena rumah itu berada di pinggir jalan. Proses evakuasi memerlukan alat berat, karena batu yang menggelinding ke area jalan cukup banyak dan besar,"kata Satria Budi, Kepala Pelaksana BPBD Garut, Kamis (30/3/2023) saat dihubungi.

Beruntung longsoran batu itu hanya sampai di jalan Raya Talegong, namun akibat peristiwa tersebut, terdapat satu rumah yang terdampak.

Satria menjelaskan proses pemindahan batu memerlukan alat berat. Hal itu tidak bisa dikerjakan oleh pekerjaan manual oleh warga, karena material batu yang menggelinding dari atas tebing volumenya sangat besar.

"ya alat berat sudah dikerahkan ke lokasi, saat ini sedang pembersihan material longsoran"tambahnya.

Garut kini menjadi langganan mengalami bencana longsor dan banjir saat hujan lebat mengguyur. Diduga, ha itu dipicu karena kesadaran masyarakat yang sudah mulai berkurang terkait penebangan pohon, serta pembiaran aparat menjadi warga semakin berani asal tebang pohon di hutan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
Viral