Piala Dunia U-20.
Sumber :
  • Istimewa

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Pengamat Beberkan Analisanya: Pelaku Ekonomi dan UMKM Ikut Terdampak

Jumat, 31 Maret 2023 - 01:30 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Keputusan Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang secara resmi membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia sebagai tuan rumah, selain berdampak pada sepak bola di tanah air, hal itu juga berdampak buruk bagi pelaku ekonomi.

Musababnya pelaku ekonomi, termasuk pelaku UMKM yang sudah menyiapkan segalanya untuk gelaran piala dunia usia 20, ikut kena getah, tidak terkecuali Wilayah Jawa Barat yang rencananya menjadi salah venue yaitu stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan Bandung, Acuviarta Kartabi mengatakan, ibarat jatuh tertimpa tangga kondisi itu yang harus di hadapi Indonesia saat ini. 

Kerugian yang harus didapatkan akibat keputusan itu sangat besar dan berdampak signifikan baik secara langsung ataupun tidak langsung. 

"Kerugian langsung ya jelas, karenakan untuk menyiapkan perhelatan itu sudah dilakukan jauh jauh hari baik dari infrastruktur hingga suprastruktur nya pun di benahi, dan itu sudah mengeluarkan biaya tidak sedikit,belum lagi dampak pembatalan itu berimbas pada pelaku ekonomi dan UMKM juga terhadap hotel hotel, makan minum yang sebelumnya akan turut meningkat dengan adanya rencana perhelatan Piala Dunia U-20 ini,"ungkapnya. Kamis (30/3/2023). 

"Tapi sayangnya hal itu hanya angan angan semata sekarang, bukannya kita untung malah harus buntung sebelum pelaksanaan itu," sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral