Terowongan Tol Cisumdawu, Symedang, Jawa Barat.
Sumber :
  • timtvOne - Lutfi Setia Rafsanjani

Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional Hanya Siang Hari, Kakorlantas Polri: Kondisi Jalan Berkabut Jadi Pertimbangan

Senin, 10 April 2023 - 18:55 WIB

Kabupaten Sumedang, tvOnenews.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) penghubung wilayah Cileunyi Bandung hingga Kertajati Majalengka melalui Sumedang, rencananya akan tersambung pada 15 April 2023 mendatang bertepatan dengan arus mudik lebaran.

Di seksi 1 hingga seksi 3 dari Cileunyi hingga Cimalaka Sumedang, pemudik sudah bisa melewati jalan tol yang memangkas waktu lebih cepat dibanding jalur arteri Cadas Pangeran, serta dapat menikmati keindahan pemandangan terowongan kembar dalam tol pertama di Indonesia.

Sementara dari seksi 4, 5 dan seksi 6, setelah ditinjau sejumlah Menteri terkait, rencananya dibuka secara fungsional hanya pada siang hari hingga pukul 15.00 WIB, lantaran kondisi jalan yang masih ada pengerjaan.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengungkapkan, kondisi jalan yang berkabut menjadi salah satu pertimbangan jalan fungsional tol Cisumdawu dibuka hanya pada siang hari.

"Pertimbangan dioperasikan siang hari yang pertama informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut dan riskan buat para pengemudi," kata Kakorlantas.

Menurutnya, ia tidak menginginkan para pengguna jalan terjebak pada saat malam hari. Sebab, pihaknya akan disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras.

"Kita tidak berharap mereka terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukan dengan arus lalin memang cukup deras prediksi kita," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral