Perbaikan jembatan Jembar di Banjar, Jawa Barat, terancam molor sehingga bisa mengganggu arus mudik yang melintas vai Banjar.
Sumber :
  • timtvOne - Aditya Tri Wahyudi

Perbaikan Jembatan Jembar Banjar Terkendala Cuaca Buruk, Arus Mudik Via Banjar Bisa Terganggu

Selasa, 11 April 2023 - 16:11 WIB

Banjar, tvOnenews.com - Perbaikan jembatan Jembar yang patah di jalan Didi Kartasasmita, Kota Banjar, Jawa Barat hingga kini terus dikebut. Namun perbaikan jembatan bisa molor karena pengerjaan perbaikan terkendala cuaca buruk.

"Debit sungai Citanduy kerap naik akibat intensitas hujan cukup tinggi sehingga membuat proses pengerjaan perbaikan jembatan terkendala," ucap Acep Daryanto, Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjar kepada tvonenews.com, Selasa (11/04/2023).

Acep meyakinkan bahwa pengerjaan perbaikan jembatan Jembar tersebut dilakukan langsung oleh Dirjen Bina Marga, Kementerian PUPR. Sehingga wewenang dan kebijakan pengerjaan proyek perbaikan jembatan bukan berada di Dinas PUPR Kota Banjar.

Beberapa waktu lalu, Dinas PUPR Kota Banjar melayangkan surat permohonan kepada Kementerian PUPR untuk membantu perbaikan jembatan. Target awal perbaikan jembatan Jembar akan rampung beberapa hari sebelum lebaran atau saat arus mudik. Namun lantaran terkendala cuaca buruk, proses perbaikan kerap terhenti.

"Surat permohonan kami ajukan bersamaan dengan akan diperbaikinya jembatan Parungsari yang merupakan akses utama di pusat kota, maka pihak pelaksana perbaikan yang sedianya akan membongkar jembatan Parungsari saat ini diperbantukan untuk perbaikan jembatan Jembar," tambah Acep.

Jembatan Jembar ini merupakan akses utama menuju terminal tipe A kota Banjar. Pemudik hingga supir bus kini terpaksa harus memutar arah menuju alun-alun. Selain akses menuju terminal, jembatan tersebut juga merupakan akses menuju jalur alternatif dari Jawa Tengah menuju Jawa Barat menggunakan jalur arteri Cimaragas Ciamis untuk selanjutnya ke arah Tasikmalaya dan Bandung.

(atw/ fis)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
01:47
06:16
02:03
01:58
01:33
Viral