PLTA Bengkok yang memasok aliran listrik ke Kota Bandung dan sekitarnya sudah beroperasi kembali.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Endra Kusumah

PLTA Bengkok di Bandung Kembali Beroperasi, Tidak Berdampak Pada Pelanggan

Selasa, 16 Mei 2023 - 18:57 WIB

Bandung, tvOnenews.com – PLN gerak cepat memulihkan gangguan yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Bengkok yang berlokasi di Dago, Kota Bandung. Setelah mengalami gangguan pada Senin (15/05/2023) malam, kini PLTA berkapasitas 3,2 megawatt (MW) yang dibangun pada tahun 1923 ini telah siap kembali beroperasi dan mengalirkan listrik ke sub sistem kelistrikan Bandung.

“Saat terjadi gangguan pada mesin pembangkit ini sempat mengeluarkan asap. Operator yang bertugas secara sigap memadamkan kepulan asap tersebut menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta langsung melakukan perbaikan. Reaksi cepat itu berhasil menghindarkan pembangkit dari kerusakan yang lebih besar,” jelas Senior Manager Unit PT PLN Indonesia Power Saguling, Lukman Nulhakim. 

PLN pun memastikan gangguan yang terjadi pada PLTA Bengkok tidak berdampak pada pasokan listrik ke pelanggan. 

“Karena sudah terdigitalisasi, sistem kelistrikan PLN secara otomatis akan melakukan manuver atau pengaturan pengalihan distribusi listrik sehingga gangguan di PLTA Bengkok tidak menyebabkan gangguan pada kelistrikan pelanggan,” pungkas Lukman.

Seperti diketahu, turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok di Jalan Ir H Djuanda, Kelurahan Ciburial Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Senin malam (15/5/2023) pukul 21.38 WIB terbakar. Akibatnya sejumlah pemukiman warga di beberapa daerah aliran listrik yang di pasok dari PLTA tersebut padam. 

Menurut Wadanton Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencan (Diskar PB) Gunawan, mengatakan Kronologi kebakaran  tersebut bermula  timbulnya api akibat dari gardu induk yang menyalurkan manuver rel 20kb. Namun, dikarenakan tampungan berlebih akhirnya turbin PLTA mengeluarkan api (overload). 

(eku/ fis)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral