Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang datang ke IGD Rumah Sakit Bayu Asih melihat kondisi puluhan korban keracunan..
Sumber :
  • Agung Prasetio

Korban Keracunan Mencapai 99 Orang, Pemerintah Kabupaten Purwakarta Fasilitasi Seluruh Biaya Pengobatan di Rumah Sakit

Rabu, 17 Mei 2023 - 13:41 WIB

Purwakarta, tvOnenews.com - Berdasarkan laporan  dari Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat bahwa telah terjadi bencana dugaan keracunan yang terjadi pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 sekitar pukul 15.00 WIB di Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam.

"Kejadian tersebut mengakibatkan korban keracunan sebanyak 99 orang, yang dengan gejala ringan sebanyak 67 orang dan gejala berat 32 orang," ujar Kadinkes Purwakarta, Deni Darmawan kepada awak media di Rumah Sakit Bayu Asih.

Menurutnya, telah dilakukan sejumlah tindakan terhadap para korban, diantaranya dengan pemeriksaan TTV (Tanda-tanda Vital), pemberian obat symptomatis, rujukan kasus dan penanganan korban, sebanyak 67 orang rawat jalan di Puskesmas atau Posko Kesehatan Desa dan dirujuk ke RSBA sebanyak 32 orang.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang datang ke IGD Rumah Sakit Bayu Asih memastikan, puluhan korban keracunan mendapatkan pelayanan terbaik di sejumlah fasilitas kesehatan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

"Pelayanan tak hanya di RSBA saja, kita siapkan juga sejumlah fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas Pondoksalam, Kota dan Puskesmas Jatiluhur," kata Ambu Anne (sapaan akrab bupati) saat monitoring kondisi korban keracunan massal di Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA), Selasa malam (16/5/2023).

Menurutnya, bagi korban yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, Pemkab juga akan memfasilitasi biaya pengobatan para korban dengan anggaran dari UHC (Universal Health Coverage) dan bagian Kesra Pemkab Purwakarta. (apo/rfi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral