Mutiroh (103) bersemangat dan optimis bisa sampai ke tanah suci..
Sumber :
  • Denden Ahdani

Rela Jual Sawah dan Kolam, Nenek Berusia 103 Tahun di Tasikmalaya Bersemangat Naik Haji, Sempat Gagal Berangkat Karena Pandemi

Jumat, 19 Mei 2023 - 15:59 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Seorang nenek bernama Mutiroh (103), warga Kampung Kabandungan, Desa Pakalongan, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya semringah, setelah dirinya diberi kesempatan untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah

Meski saat ini menginjak usia tak lagi muda, Mutiroh nampak bersemangat dan optimis bisa sampai ke tanah suci setelah beberapa tahun terhalang oleh pandemi Covid-19. Seharusnya, nenek kelahiran 4 Februari 1920 itu berangkat haji pada tahun 2021 lalu. Namun, karena terkendala pandemi, niat untuk menunaikan rukun Islam kelima itu tertunda.

Saat ditemui di rumahnya, Mutiroh sangat antusias untuk berangkat ke tanah suci. Seluruh biaya haji dirinya merupakan hasil perjuangan keringatnya bertani selama beberapa puluh tahun lalu. Selain itu, ia juga rela menjual sawah dan kolam ikan untuk melunasi seluruh biaya haji tersebut.

"Perjuangan hasil tani, saya jual padi dan jual ikan. Setelah itu, saya menjual sawah sama kolam. Seharusnya saya pergi (berangkat haji) tahun 2021 tapi Corona, kalau gak Corona mah saya sudah pulang lagi," kata Mutiroh, saat ditemui di rumahnya, Kamis (18/5/2023) sore.

Mutiroh yang saat ini memiliki 20 cucu dan 14 cicit tersebut mengaku bahagia sekaligus terharu. Ia pun tak henti-hentinya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatannya demi tercapainya ibadah haji.

"Sekarang Corona udah beres dan bisa berangkat, perasaan saya bahagia bisa berangkat tahun ini. Alhamdulillah saya sehat dan semangat, sudah diperiksa ke dokter hasilnya sehat. Semangat pokoknya saya mah, saya sudah bulat mau berangkat ke Makkah," ucap Mutiroh.

Selama ini, ia sudah menyiapkan segala persyaratan baik teknis maupun non teknis. Bahkan, hingga saat ini ia sudah melaksanakan bimbingan manasik haji sebanyak 16 kali dan tak pernah absen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:27
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
Viral