FIB UI.
Sumber :
  • IST

FIB UI dan Perwakilan Uni Eropa Gelar Sedekah Hutan, Tanam Seribu Pohon untuk Kurangi Perubahan Iklim

Selasa, 6 Juni 2023 - 00:30 WIB

Depok, tvOnenews.com - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI menggelar penanaman pohon bertajuk sedekah hutan di area kampus UI, Depok, Senin (5/6/2023). Seribu pohon yang ditanam sebagai bentuk mencintai bumi dan langkah untuk mengurangi perubahan iklim.

Acara ini juga diisi oleh tari-tarian dari seniman Sunda serta mengundang Duta Besar Uni Eropa untuk bersama-sama berkomitmen menjaga alam. Sedekah hutan ini juga digelar dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada hari ini.

"Sedekah hutan adalah gerakan kebudayaan untuk mengatasi krisis iklim. Melalui pengetahuan dan praktek yang diwariskan dari generasi kegenerasi komunitas lokal memiliki pemahaman mendalam tentang ekosistem, pola cuaca, yang sangat penting bagi solusi terhadap krisis iklim," ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid.

Sementara, dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso menjelaskan hakikat manusia memang keterikatan dengan alam. Dengan segala bentuk pemuliaan terhadap alam, maka bisa membantu keberlangsungan hidup manusia. 

"Budaya yang tumbuh dan berkembang dari pemuliaan terhadap bumi yang menghidupi kita akan mampu menjamin keberlangsungan kehidupan masyarakat," tutur Bondan.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia yang hadir, Vincent Piket, sangat mengapresiasi langkah sivitas akademika UI dalam menjaga alam. Pasalnya, mengingat kondisi alam yang sudah mengalami krisis terutama terkait iklim, diperlukan langkah dan komitmen bersama karena dampaknya dirasakan seluruh manusia di dunia.

"Kami percaya bahwa kerja sama ini akan mendorong upaya bersama untuk menjaga lingkungan dan membawa kita lebih dekat ke tujuan kita bersama, yaitu masa depan yang berkelanjutan," pungkas Vincent. (mka/ebs)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral