Pelaku Penipuan.
Sumber :
  • Tim tvOne/Mely

Modus Umrah dan Tukar Uang Korea Utara, 2 Ibu di Depok Jadi Korban Penipuan Lansia

Kamis, 8 Juni 2023 - 02:57 WIB

Depok, tvOnenews.com - Aksi penipuan dengan modus iming-iming umrah terjadi di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Rabu (7/6/2023). Dua ibu nyaris menjadi korban, dan berhasil digagalkan warga. Pelaku pun langsung diamankan ke Polsek Cimanggis.

Wakapolsek Cimanggis, AKP Simare Mare mengatakan awalnya tiga pelaku mengendarai mobil dan bertemu dua korbannya di jalan. Para pelaku berpura-pura minta diantarkan ke Masjid Kubah Mas untuk memberikan santunan.

Kedua korban kemudian diminta menaiki mobil pelaku dan setelah mengantar mereka, korban dijanjikan akan diberikan paket umrah. Korban kemudian masuk ke dalam mobil dan di sana, pelaku menunjukkan tumpukan uang dalam mata uang asing.

"Kedua korban pun diminta untuk memberikan uang rupiah yang dimilikinya dan akan ditukar dengan mata uang asing milik pelaku. Pelaku bilang uang tersebut nantinya untuk keperluan umrah," ujar Simare Mare.

Korban pertama pun mengatakan dirinya tak memiliki uang, hanya memiliki kalung emas yang dikenakannya. Korban kemudian melepas kalungnya dan diberikan ke pelaku, namun dikembalikan kepada korban tanpa alasan yang jelas.

Kemudian, korban kedua mengaku memiliki uang yang disimpan di rumahnya sebesar Rp4,5 juta. Pelaku pun mengajak korban ke rumahnya untuk mengambil yang tersebut.

"Pas di rumah, anak korban nanya mau ke mana dan uangnya untuk apa, baru saat itu korban sadar dan menceritakan semuanya sementara korban pertama masih di dalam mobil," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
Viral