Muhammad Rasyid Ghifari, Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang meninggal sat uji coba drone nirawak di Bandung.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Cepi Kurnia

Mahasiswa ITB Tewas Saat Uji Terbang Pesawat Tanpa Awak, Korban Derita Luka di Bagian Rahang Akibat Terkena Pasak 

Kamis, 8 Juni 2023 - 17:39 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Rasyid Ghifari yang tergabung di Tim Aksantara meninggal dunia saat melaksanakan uji terbang di wahana Lanud Sulaiman, Kopo, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Kabiro Komunikasi dan Humas ITB Naomi Haswanto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan elektrodiagram (EKG), korban saat diperiksa sudah tidak adanya detak jantungnya.

"Begitu pula tak ada respons dari pupil mata, sehingga dokter menyatakan almarhum meninggal pada pukul 17.44 WIB karena adanya luka benda  tumpul,"ungkap Naomi saat dikonfirmasi tvOnenews.com, Kamis (08/06/2023).

Naomi mengatakan kegiatan yang dilakukan korban bersama beberapa rekannya itu di Lanud Sulaiman merupakan salah satu bagian dari persiapan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). 

Sekitar pukul 17.15 WIB, beberapa tim Aksantara termasuk korban yang saat itu sedang mempersiapkan alat pelontar untuk melakukan uji terbang wahana. Alat lontar tersebut terdiri dari karet elastis besar yang disangkutkan pada sebuah pasak besi besar. Usai beberapa kali percobaan, mereka belum berhasil memasangnya, sehingga perlu dipindahkan tempat pasaknya.

"Namun, kondisi tanah tempat pasak dipindahkan rupanya berlumpur dan tak cukup kuat untuk menahannya, sehingga pasak itu terlontar dan mengenai korban di bagian rahang bawah kanannya,"katanya.

Lebih lanjut Naomi mengatakan, Rektor ITB beserta jajaran mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga (orang tua) Fary yang juga merupakan alumni ITB dan kepada keluarga besar FTMD atas berpulangnya Muhammad Rasyid Ghifari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral