BMKG dan UNISBA Bandung Persiapkan Teropong Digital.
Sumber :
  • Cepi Kurnia

BMKG dan UNISBA Bandung Persiapkan Teropong Digital Untuk Pantauan Hilal Awal Dzulhijjah 1444 Hijriah

Minggu, 18 Juni 2023 - 17:17 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Fakultas Syariah Unisba dan BMKG Kota Bandung melakukan persiapan untuk melakukan pemantauan Ru'yat Hilal Awal Djulhijjah 1444 Hijriah di Observatorium Al Biruni, diatas ketinggian 750 Meter dari  permukaan laut (Mdpl).

"Persiapan pemantuan hilal sudah kita persiapan sejak hari sebelumnya, kemudian peralatan sudah disiapkan dan saat ini pun ada bersama kita BMKG sedang memasang alat dan perlu dikalibrasi untuk menghasilkan data yang lebih akurat. Adapun persiapan teknis lainnya sudah disiapkan jauh-jauh hari,"kata Kepala Observatorium Albiruni, Fakultas Syariah Unisba, Bandung, Encep Abdul Rozak, kepada tvOnenews.com, Minggu (18/6/2023).

Sementara untuk jumlah alat yang digunakan yaitu teropong utama  ada 2, dan dari BMKG ada 10 tentunya merupakan teropong digital yang bisa digunakan melalui remot kontrol.
 
"Jadi mengetahui posisi hilal dia hanya memijit remotnya maka akan otomatis akan mengarah ke hilal sore ini,"ungkapnya.
 
Dan untuk  mekanisme nanti pelaksanaan jam 17.00 WIB  akan memasang televisi yang lebar kemudian akan disambung dengan  tropong digital yang ada. 
 
"Sehingga seluruh peserta pelihat hilal bisa mengamati bersama melalui televisi yang besar dan itu realtime bukan rekaman. Sehingga setiap peserta dapat menyaksikan,"ungkapnya.
 

Sementara untuk posisi hilal sejauh ini ketinggiannya baru 54 menit,  artinya masih  1 derajat, bahkan  dibawah 3 derajat. Oleh karena itu pengamatan ini perlu epot yang kuat kita berdoa semoga cuacanya cerah sehingga melihat hilal berjalan dengan lancar.

"Untuk bisa menentukan awal dzulhijjah itu harus diatas 3 derajat,  dan kita pun pernah menyaksikan diatas 5 derajat. Adapun untuk saat ini masih dibawah satu derajat, dan kesulitan cuaca ini terkadang tidak bisa dikondisikan,"ungkapnya. (cep)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral