Warga selamatkan penyu hijau berukuran besar yang terdampar di pantai.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Denden Ahdani

Heboh! Penyu Hijau Berukuran Besar Terdampar di Taman Lesar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:59 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Penyu hijau berukuran besar ditemukan warga terdampar di lokasi Objek Wisata Taman Lensar, Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (12/07/2023). Warga yang mengetahui kejadian itu, berbondong - bondong mendorong kembali hewan dilindungi itu ke tengah laut.

Ketua Balawisata Kabupaten Tasikmalaya, Rahmat Saputra mengatakan penemuan penyu hijau itu terjadi pada Rabu pagi tiba-tiba terdampar di sekitar lokasi objek wisata Pantai Sindangkerta. Kemudian, warga yang menemukan penyu hijau itu melapor ke Balai Desa dan berhasil dikembalikan ke tengah laut pada pukul 15.30 WIB.

"Iya ini terdampar, barusan dilepaskan lagi pukul 15.30 WIB. Kronologisnya, ditemukan pagi kan tadi sudah terdampar. Nah, berhubung mungkin tidak bisa gimana - gimana, berhubung besar (ukurannya), pada akhirnya lapor ke Balai Desa, kita sama - sama warga untuk melepas kembali," kata Rahmat Saputra saat dihubungi tvOneNews, Rabu (12/07/2023) sore.

Menurut Rahmat, penyu yang terdampat itu merupakan jenis penyu hijau yang masuk ke dalam kategori hewan dilindungi. Maka dari itu, pihaknya melepaskan kembali penyu berukuran lebar kurang lebih satu meter itu ke tengah laut. 

"Itu jenis penyu hijau, kebetulan jenis yang dilindungi, makanya kita lepas kembali. Diameternya mungkin kalau dihitung satu meteran lebih lah lebarnya, kalau panjangnya bisa lebih dari itu," ucap Rahmat.

Diduga, kata Rahmat, penyu hijau tersebut terdampar karena terbawa ombak pasang kemudian terjebak di karang sekitaran pantai. Secara otomatis, lanjut Rahmat, jika air surut penyu itu tak bisa kembali ke lautan.

"Lokasinya di Taman Lensar Sindangkerta di objek wisata, kemungkinan terbawa pasang ya itu terjebak. Kemudian, dia terbawa air pas saat pulang gak bisa, karena air surut," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral