Penerapan praktek uji SIM baru di Satpas Polres Bogor.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Usep Saripudin

Asyik, Satpas Polres Bogor Terapkan Uji Praktek SIM Baru, Nihil Zigzag dan Angka 8

Senin, 7 Agustus 2023 - 17:08 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Bogor menerapkan uji praktek SIM baru tanpa ada tes berkendara secara zigzag dan membentuk angka delapan. Penerapan Uji Praktek SIM Baru sesuai dengan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor : Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023. 

“Iya betul, mulai hari ini  SATPAS Cibinong Polres Bogor menerapkan  Uji Praktek Baru untuk mempermudah masyarakat mendapatkan SIM,” Kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata kepada tvonenews.com di mako Polres Bogor di Cibinong, Senin (07/08/2023).

Ujian Praktek membentuk angka delapan saat ini digantikan dengan uji membentuk huruf S. Lebar lintasan juga diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan Kini diubah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Pemohon SIM C akan mengawali ujian praktik dari lintasan lurus. Di sana tertulis 'REM' dengan kotak kuning. untuk menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti yang ditandai dengan tulisan 'STOP'.

Dari tes pengereman, materi ujian SIM selanjutnya adalah melakukan putar arah. Kemudian berlanjut ke uji berbentuk huruf S. Setelah itu melakukan manuver tikungan lain. Terakhir, ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan. materi terakhir adalah menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan.

Terkait perubahan materi ujian, Dicky menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Pemohon yang akan mengikuti ujian praktik SIM C agar mengetahui ujian praktik terbaru agar bisa menyesuaikan diri dengan area yang disediakan,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:47
01:22
02:38
02:46
02:43
01:38
Viral