Kecelakaan Karena Sepeda Listrik di Bandung Bikin Petugas Kepolisian Larang Pengunaannya di Jalan Raya.
Sumber :
  • Cepi Kurnia

Petugas Tegaskan Larang Sepeda Listrik di Jalan Raya, Pasca Adanya Kecelakaan Pengguna Kendaraan Tersebut di Bandung 

Rabu, 9 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Bandung, tvOnenews.com-- Ada sejumlah kecelakaan sepeda listrik di Kota Bandung beberapa hari lalu yang viral sosial media. Di antaranya seperti di Jalan Dago, dua orang anak perempuan berusia belasan tahun tersenggol truk rongsokan hingga kecelakaan dan satu orang tewas. Serta di Bandung Kulon dua orang anak kecil saat mengendarai sepeda listrik oleng hingga menabrak gerobak bakso ayam hingga terguling dan alami luka luka. Insiden kecelakaan ini mendapat perhatian dari Kepolisian.

Atas kejadian tersebut, Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar mengatakan bahwa kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang sepeda listrik adalah dilarang digunakan di jalan raya. Pemakai sepeda listrik hanya boleh menggunakan kendaraan jenis itu di jalur khusus yang sudah ditentukan.

"Jadi sepeda listrik sesuai permenhub bahwa satu, ada aturan membatasi terkait dimana boleh dipakai. Sepeda listrik ini itu adalah jalan khusus, jadi tidak boleh dipakai di jalan raya,"kata Kasatlantas Polretabes Bandung,  Kompol Eko Iskandar Selasa (8/8/2023).

Kompol Eko mengatakan kategori usia  pemakai sepeda listrik yang diperbolehkan minimal 12 tahun, dengan batas Kecepatan penggunaan sepeda listrik itu hanya di bawah 20 kilometer per jam. 

"Jadi gak boleh anak-anak di bawah umur, 8 atau 9 tahun mengendarai sepeda listrik. Kecepatan ini tidak boleh lebih 20 km per jam kalau di atas itu masuk kategori kendaraan yang seharusnya ada surat suratnya dan di jalan raya," kata dia.

Lebih lanjut Kasatlantas Polrestabes Bandung mengatakan, dengan kondisi sepeda listrik yang belum teregistrasi di Samsat, ia mengaku akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan sepeda listrik. Namun, apabila terdapat pengguna sepeda listrik di jalan maka akan diamankan. 

"Kita sudah meminta anggota di lapangan apabila ada kendaraan listrik di jalan berlaku seperti sepeda motor segera diamankan, dilakukan pembinaan dan dilakukan edukasi," ucap dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral