Veteran perang kemerdekaan RI di Kota Banjar, Rachmat (96) menerima rumah baru..
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

HUT RI 78, Veteran Perang Berusia 96 Tahun Dapat Hadiah Rumah di Banjar Jawa Barat

Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:02 WIB

Kota Banjar, tvOnenews.com - HUT RI ke 78 sangat bermakna bagi Rachmat (96), veteran perang warga Sidamukti, RT 4, RW 5, Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat. Pasalnya setelah mengontrak rumah selama 50 tahun, akhirnya Rachmat bisa mendapatkan rumah sendiri.

Rumah dengan satu kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan halaman itu, didapat Rachmat dari kolaborasi sosial antara relawan Jabar Bergerak (Jaber), FKPPI, Kodim 0612, Polres Banjar dan Pemkot Banjar serta Bank BJB. Proses pembangunan menghabiskan waktu selama 21 hari dibantu warga setempat.

Tangis haru biru warnai penyerahan kunci rumah oleh Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih kepada Rachmat dan istrinya, Sari Ningsih, Kamis (17/8/2023). Disaksikan ratusan warga, Rachmat dan istrinya menerima kunci lalu masuk ke dalam rumah dengan perasaan haru biru.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan mimpi kami memiliki rumah sendiri, akhirnya saya bisa merdeka memiliki rumah sendiri," ucap Rachmat sembari menangis.

Sementara menurut Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih, pemberian rumah kepada veteran perang ini merupakan penghormatan pemerintah atas jasa pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Tepat di HUT RI ke 78 ini kami memberikan rumah kepada pejuang veteran yang telah berjasa atas kemerdekaan Republik Indonesia," ucap Walikota Banjar kepada awak media.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Jaber, Ari Faturohman yang menyebut kolaborasi sosial pembangunan rumah ini merupakan bentuk kepedulian Jaber kepada warga kurang mampu di wilayah Jawa Barat dan menjadi program setiap tahunnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral