Kereta cepat Jakarta-Bandung..
Sumber :
  • Endra Kusumah

Kereta Cepat Jakarta - Bandung Segera Uji Coba Dinaiki Penumpang Berbayar, Begini Persiapannya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:41 WIB

Kabupaten Bandung, tvOnenews.com - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dijadwalkan bakal memulai proses uji coba dengan menggunakan penumpang berbayar, pada September 2023 mendatang. GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa meyakini, persiapan jelang operasional tersebut sudah sesuai dengan perencanaan.

Dari pantauan tvOnenews.com di lapangan, terlihat persiapan proses uji coba tersebut dimulai dengan persiapan pengujian integrasi sistem sarana prasarana di dalam kereta cepat, baik pengecekan fungsi AC (tata udara), pintu otomatis, pusat pengendali telekomunikasi maupun kondisi kelistrikannya.

Eva menjelaskan, rencananya uji coba operasional dengan penumpang berbayar tersebut dimulai pada bulan September, namun untuk tanggal pelaksanaannya, pihaknya akan segera mengumumkan.

“Saat uji coba penumpang berbayar itu, akan membuka kuota juga bagi publik atau umum untuk ikut uji coba tidak berbayar, KA cepat Jakarta-Bandung. Kemungkinan, nanti akan ada 8 perjalanan, 4 perjalanan dari Jakarta dan Bandung seperti itu, nanti untuk mekanismenya, bagaimana cara masyarakat bisa mendapatkan tiketnya, juga akan segera diinformasikan,” ujarnya saat ditemui di Depo KA cepat Tegalluar, Selasa (22/08/23).

Menurut Eva, uji coba penumpang berbayar ini dilaksanakan selama sekitar satu bulan. Kemudian kuotanya secara total sekitar 601 kursi, namun sekitar 500 sampai 550 kursi saja yang akan digunakan.

“Tapi mungkin 500, rencananya akan dibagi-bagi kembali dan mengutamakan masyarakat sekitar stasiun KA cepat untuk merasakannya,” kata Eva.

Menjelang uji coba, berbagai persiapan dilakukan KCJB mulai dari perizinan sarana dan sertifikasi, aksesibilitas, hingga kesiapan stasiunnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral