Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil..
Sumber :
  • Cepi Kurnia

Kapan Ya Bisa Naik Kereta Cepat Gratis? Ini Penjelasan Luhut Binsar Pandjaitan Saat Bertemu Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung

Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:57 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Bertemu dengan Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 8 September 2023 mendatang.

Namun menurut Luhut, sebelum diresmikan secara soft launching oleh Presiden Jokowi. Pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan uji coba untuk terakhir kalinya, guna memastikan kelayakan KCJB sebelum melayani kebutuhan transportasi domestik masyarakat.

"KCIC/KCJB enggak ada masalah. Presiden naik pertama kali tanggal 8 (September). Saya dan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) tanggal 6. Kami akan coba dari Jakarta ke Bandung," kata Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Sate (29/8/2023).

Nantinya setelah diresmikan Presiden Jokowi, KCJB akan melayani masyarakat secara gratis selama satu bulan, sesuai janji presiden.

Dengan kesempatan naik kereta cepat gratis, diharapkan dapat memberikan kesempatan secara luas bagi masyarakat untuk merasakan sensasi menaiki transportasi publik yang berkecepatan tinggi di atas 200 kilometer per jam. Di mana Jakarta-Bandung hanya memakan waktu tempuh sekitar 30 menit.

"Setelah soft launching, presiden akan berikan masyarakat naik beberapa waktu. Tokoh masyarakat akan diajak. Ini pencapaian luar biasa,” katanya.

Selain itu ditambahkan, proyek kereta cepat ini tengah dimatangkan lebih lanjut, agar mampu menembus sampai Surabaya, Jawa Timur. Sehingga nantinya, pemerintahan selanjutnya dapat melanjutkan program ini, guna mewujudkan moda transportasi seantero Jawa yang terintegrasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral