Sampah yang menumpuk di Kota Bandung..
Sumber :
  • Cepi Kurnia

Percepat Penanganan Kebakaran TPA Sarimukti, DPRD Dukung Pemprov Jabar Gunakan Dana Cadangan

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:56 WIB

Bandung, tvOnenews.com - DPRD Provinsi Jawa Barat menyorot kebakaran sampah di TPA Sarimukti, di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang terjadi pada sejak 19 Agustus lalu, namun sampai saat ini upaya pemadaman api masih terus dilakukan. 

Akibatnya tumpukan sampah di beberapa daerah seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi menjadi permasalahan baru, akibat pengiriman sampah ke TPA Sarimukti tertahan. 

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu mengatakan DPRD Provinsi Jawa Barat sebelumnya telah berkomunikasi dengan gubernur untuk segera menetapkan status darurat sampah, sehingga dana cadangan bisa segera dikucurkan untuk mengatasi permasalahan ini. 

"Saya sudah sampaikan ke pak gubernur agar segera menyampaikan status darurat sampah dan alhamdulillah sudah, kenapa? karena dengan pernyataan status darurat itu artinya kita boleh menggunakan dana cadangan, kemudian juga akan ada perhatian dari OPD terkait, baik di tingkat provinsi maupun kota kabupaten, agar duduk bersama dan katanya sudah. Dan upaya bersama dalam memadamkan api pun sedang dilakukan walaupun ini butuh proses," ungkapnya Rabu (30/8/2023). 

Ketika disinggung seperti apa solusi untuk mengatasi penumpukan sampah yang terjadi saat ini di masyarakat, dijelaskan Haru, masyarakat bisa memulai untuk membiasakan diri mengelola sampah dengan baik, sehingga jumlah sampah yang dihasilkan bisa berkurang dan termanfaatkan. 

Ia mengatakan masalah penumpukan sampah ini seharusnya tidak sampai seperti ini dulu baru ribut, padahal caranya bisa mulai dilakukan dari rumah, dengan melakukan pemilahan sampah.

"Mana yang bisa di daur ulang, baik mandiri ataupun melalui bank sampah, mana yang bisa jadi pupuk, nah ini salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat. Adapun untuk sampah yang menumpuk saat ini, pemerintah tengah berupaya membuka tempat sampah sementara di dekat TPA Sarimukti, untuk mengurai penumpukan sampah," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral