Petugas Damkar mengupayakan pemadaman lahan gambut di bekas galian C yang terbakar di Kota Tasikmalaya.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Denden Ahdani

Lahan Gambut Bekas Galian C di Tasikmalaya Terbakar Hebat Kemarau dan Lahan Kering Sebabkan Api Cepat Menyambar

Selasa, 5 September 2023 - 14:36 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Kebakaran hebat melanda lahan gambut di Kampung Gunung Mareme, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, pada Senin (04/09/2023) malam. Kencangnya hembusan angin disertai banyaknya ranting pohon kering membuat api dengan cepat merambat dan membakar 4 titik di lahan seluas total 7 hektare tersebut. 

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya yang datang ke lokasi langsung berjibaku memadamkan si jago merah. Beruntung kobaran api ini tidak sampai ke tempat permukiman warga dan hanya melalap 1 hektare dari total 7 hektare luas lahan gambut. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat kendala yang dihadapi petugas damkar saat memadamkan api yakni terdapat 4 titik yang membuat petugas kesulitan menuju akses sejumlah titik api tersebut. 

Ketua RW setempat, Tira Marselia Sipa mengatakan, usai melihat kejadian tersebut warga sekitar langsung melapor ke petugas damkar sembari memadamkan api dengan alat seadanya hingga api berhasil dipadamkan setelah berjibaku kurang lebih 2 jam. 

“Alhamdulilah capat tanggap dari BPBD, Damkar, Polisi, sehingga api bisa di padamkan di Lahan gambut. Ada 4 titik, yang paling besar itu di gunung. Untungnya api tidak sampai merembet ke permukiman,” kata Ketua RW setempat, Tira Marselia Sipa, di lokasi kejadian. 

Menurut Marselia, warga tak mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun dirinya menduga kebakaran terjadi akibat warga membakar sampah sembarangan, ataupun puntung rokok. Sebab, kondisi lahan sendiri kering akibat kemarau panjang sehingga mudah terbakar

“Kondisi lahan sendiri kering akibat kemarau sudah lama sekali. Harapannya sendiri untuk warga tidak membakar sampah sembarang, atau membuang kuntung rokok,” ucapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:51
02:43
03:42
03:43
08:21
01:18
Viral