Kemarau panjang menyebabkan ratusan kepala keluarga mengalami krisis air bersih.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Aditya Tri Wahyudi

Ratusan KK di Ciamis Krisis Air Bersih Dampak Kemarau Berkepanjangan

Rabu, 6 September 2023 - 16:25 WIB

Ciamis, tvOnenews.com - Musim kemarau panjang membuat ratusan kepala keluarga di Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mengalami krisis air bersih. Menurut warga, sumur mereka sudah hamlir 3 bulan ini mengering. Adapun air sumur yang tersisa, tidak layak konsumsi lantaran payai dan asin.

Relawan Ciamis Selatan (RCS) kini tengah mendistribusikan pasokan air bersih kepada warga di dua kecamatan yakni Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar. Sebanyak 10 ribu liter air dikirim relawan untuk memenuhi kebutuhan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) warga di dua kecamatan.

"Siang malam kami kirim air ke 5 desa di 2 kecamatan di wilayah Ciamis Selatan yang kini mengalami krisis air bersih akibat kemarau," ucap Suherman, ketua RCS kepada tvOnenews.com, Rabu (06/09/2023).

RCS menggunakan armada truk, 5 toren air dengan kapasitas 5 ribu liter keluar masuk desa untuk membagikan air bersih kepada warga. Sementara warga menggunakan jerigen untuk mengambil jatah air secara gratis.

Sementara menurut Kepala Desa Kawasen, Suharno mengatakan, terdapat 400 kepala keluarga yang terdampak kemarau dan kini sangat membutuhkan pasokan air bersih.

"Saya bersykur ada relawan dan TNI Polri dari Polsek dan Koramil yang mau mengirim air untuk warga yang kini krisis air bersih, semoga bisa twrus dilakukan setiap bari untuk memenuhi kebutuhan warga," kata  Suharno.

(atw/ fis)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral