Mobil konversi listrik rakitan mahasiswa dan dosen Universitas Gunadarma..
Sumber :
  • Mely Kasna

Kurangi Polusi, Mahasiswa Gunadarma di Depok Sulap Mobil Lama jadi Bertenaga Listrik

Senin, 2 Oktober 2023 - 16:24 WIB

Depok, tvOnenews.com - Untuk mengurangi polusi udara yang belakangan semakin mengkhawatirkan, mahasiswa Universitas Gunadarma merancang mobil listrik dengan kearifan lokal. Mobil listrik tersebut diklaim sangat ramah lingkungan, bahkan pengisian dayanya bisa dilakukan di rumah.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof ES Margianti mengatakan, rancangan mobil listrik ini berangkat dari keprihatinan akan dampak dari polusi udara, serta krisis energi. Karena itulah mahasiswanya bersama para dosen berinisiatif menciptakan kendaraan ramah lingkungan.

"Dalam kondisi ini Universitas Gunadarma sebetulnya ikut prihatin dengan masalah kekurangan energi, sehingga kita mengupayakan untuk memanfaatkan berbagai hal berkaitan dengan energi baru dan terbarukan," ujar Margianti saat ditemui di UG Technopark, Jumat (29/9/2023).

Mahasiswanya bersama para dosen, menyulap mobil Toyota Soluna keluaran 90 menjadi kendaraan dengan energi terbarukan. Hal ini juga selaras dengan program pemerintah untuk mengurangi penggunaan energi fosil.

"Saya kira ini baru pembuka saja, tapi kalau listrik terbarukan bisa dari arah mana saja. Jadi berangkat dari kepedulian, karena kondisi energi kita harus mencari mana yang baru dan terbarukan," ujarnya.

Sementara, penanggung jawab perencanaan dan pengembangan UG Technopark, Prof Budi Hermana menjelaskan, alasan di balik penggunaan mobil-mobil lama sebagai prototype mobil listriknya. Karena mobil-mobil lama menghasilkan polusi tinggi, namun jika harus merancang desain baru, akan membuat mobil-mobil lama menjadi mubazir.

"Indonesia itu kan terkenal populasi mobil dan motornya yang luar biasa, nah bagaimana mobil yang katakan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi dengan body yang sementara, dikonversi menjadi kendaraan listrik," ungkap Budi.(mka/rfi)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral