Dok. Suasana di PT Pindad Bandung saat kunjungan Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • tim tvone/Cepi Kurnia

Isu 3 BUMN  Diduga Jual Senjata Ilegal ke Myanmar, Defend ID: Kami Berpegang Teguh Pada Politik Luar Negeri RI

Kamis, 5 Oktober 2023 - 13:47 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Ramai beberapa hari ini tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disinyalir telah menjual senjata ilegal ke militer Myanmar. Ketiga perusahaan tersebut yakni, PT Pindad yang belum lama dikunjungi Presiden Jokowi, PT PAL dan PT Dirgantara Indonesia.

Menanggapi hal itu Dirut Len Holding BUMN Industri Pertahanan (Defend  ID) menegaskan tidak pernah melakukan ekspor produk industri pertahanan ke Myanmar pasca 1 Februari 2021

"Sejalan dengan Resolusi Majelis Umum PBB nomor 75/287 yang melarang suplai senjata ke Myanmar. Defend  ID  lewat PT Len Industri (Persero) sebagai induk holding serta beranggotakan PT Dahana, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT PAL Indonesia, tidak pernah melakukan hal itu," kata Dirut Len, holding Defend ID Bobby Rasyidin dalam keterangan persnya yang diterima tvOnenews.com yang disampaikan oleh PT Pindad Bandung, dikutip Kamis (5/10/2023).

Bahkan ia mengatakan Defend ID mendukung penuh resolusi PBB dalam upaya menghentikan kekerasan di Myanmar.

Ia mengatakan sebagai perusahaan yang memiliki kemampuan produksi untuk mendukung sistem pertahanan yang dimiliki negara, Defend ID selalu selaras dengan sikap Pemerintah Indonesia. 

"Kami selalu patuh dan berpegang teguh pada regulasi yang berlaku termasuk kebijakan politik luar 
negeri Indonesia, dan termasuk PT Pindad tidak pernah melakukan ekspor ke Myanmar setelah 
adanya himbauan DK PBB pada 1 Februari 2021, Kami pastikan bahwa PT Pindad tidak melakukan kegiatan ekspor produk alpalhankam ke Myanmar,"ungkapnya.

Bobby mengatakan adapun kegiatan ekspor ke Myanmar dilakukan pada tahun 2016 berupa produk amunisi spesifikasi sport untuk keperluan keikutsertaan Myanmar pada kompetisi olahraga tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) pada tahun 2016 silam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral