Sejumlah elemen masyarakat di Kota Bandung menggelar aksi menolak penyebaran nyamuk Wolbachia di depan gedung DPRD Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

Elemen Warga Bandung Ramai-ramai Tolak Penyebaran Nyamuk Wolbachia, Dinilai Ada Efek Samping Negatif, Apa itu?

Senin, 18 Desember 2023 - 17:43 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Sejumlah elemen lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Bandung Raya mendatangi gedung DPRD Jawa Barat di jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Senin (18/12/2023). 

Kedatangan elemen warga seperti dari Majelis Adat Sunda, Southland, Tentara Langit, sejumlah masyarakat Ujung Berung dan lainnya adalah untuk menyampaikan aspirasi menolak penyebaran nyamuk Wolbachia di sejumlah titik di Jawa Barat.

Menurut salah satu kordinator aksi, Babeh Aldo mengatakan agenda pertama aksi itu adalah untuk menyebarkan informasi terkait dampak penyebaran nyamuk Wolbachia. 


"Agenda yang pertamanya adalah menyebarkan informasi ini karena saya yakin bahaya nya nyamuk Wolbachia, karena informasi yang beredar dari laman resmi kemenkes juga itu bukan edukasi kalau menurut kami, karena edukasi itu bahasanya adalah risk and benefit itu ada resiko ada keuntungan, yang mana yang lebih besar. Tetapi selama ini kemenkes untuk mensosialisasikan dalam tanda kutip promosi menurut kami, dan nyamuk Wolbachia ini adalah sif and efektif. Sementara kita secara ilmiah merasa dikangkangi otak kita, kalau ilmiah itu harus resiko dan keuntungan tapi tidak pernah ada yang bertanggung jawab,"kata Babeh Aldo. 

Pria yang asli bernama Mohamad Ali Ridlo ini juga menuntut kepada Kementrian kesehatan (kemenkes) terkait edukasi dari penyebaran nyamuk Wolbachia terutama yang sudah disebar di wilayah Bandung. 

"Sampai hari ini kami mensomasi Kemenkes tentang siapa yang akan bertanggungjawab kalau ratusan juta telor nyamuk ini isinya benar Wolbachia atau bukan. Sementara kalau Wolbachia risk and benefit juga jadi bahayanya double, Wolbachia sendiri seperti Ibu Siti Fadilah Subari dokter Diva itu menyatakan ada bahaya kedepannya tentang keseimbangan ekosistem alam yang dirusak dari nyamuk Wolbachia ini. Apalagi nyamuknya atau telornya impor dari Australi lalu siapa yang menjamin apakah Australi itu betul-betul mengirimkan impor nyamuk Wolbachia atau yang lain,"ungkapnya.

Ia mengatakan alasannya melakukan aksi tersebut di Kota Bandung, karena wilayah tersebut sudah disebar telur nyamuk Wolbachia yaitu di daerah Ujungberung. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral