Tim PPSC dan BKSDA evakuasi Macan Tutul Jawa yang terperangkap jebakan babai hutan warga.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Rizki Gustana

Dikira Babi Hutan, Seekor Macan Tutul Jawa Terperangkap Jebakan

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:13 WIB

Sukabumi, tvOnenews.com - Seekor macan tutul jawa berukuran besar terkena jebakan babi seorang petani di Kampung Cikalaces, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi.

Hendri, Warga sekitar mengatakan jika hewan mamalia besar dengan nama latin Pantera Pardus Melas ini tidak sengaja terjebak jerat babi milik warga di sebuah persawahan, Rabu (27/12/2023).

"Awal ditemukan oleh petani, terus lapor ke perangkat Desa Sekarsari, pas dilihat ada macan besar terjebak, lalu saya laporan ke kepolisian sektor Kalibunder," ungkapnya.

Ditempat kejadian, Kapolsek Kalibunder, Iptu Taufik Hadian langsung berkordinasi dengan Balai Konservasi Daerah Sukabumi dan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga untuk bersama mengevakuasi macan tersebut.

"Alhamdulillah, Macan dengan kelamin Jantan sudah di bawa tim dokter PPSC Nyalindung bersama BKSDA Jawa Barat Wilayah Sukabumi dibawa untuk di Obati dan berencana akan dilepasliarkan ke habitat aslinya dan aman dari pemukiman," ungkap Taufik.

Isep Mukti Miharja pegawai BBKSDA Sukabumi membenarkan pihaknya sudah mendapat laporan soal tertangkapnya hewan tersebut.

"Itu habitat mereka, meskipun area hutan daerah situ memang bukan kawasan KSDA bukan kawasan taman nasional juga kalau tidak hutan rakyat, hutan Perum Perhutani," jelas Isep.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral