BMKG Jabar imbau warga agar hati-hati terhadap berita hoax.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

BMKG Jawa Barat Imbau Masyarakat Hati-hati Berita Hoax Gempa Sumedang, Hanya Percaya Sumber Resmi!

Senin, 1 Januari 2024 - 11:49 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Kepala BMKG Jawa Barat Teguh Rahayu mengatakan tiga kali guncanagan gempa di wilayah Sumedang merupakan akibat dari aktivitas sesar aktif yang berada di wilayah tersebut. 

"Hari ini di Kabupaten Sumedang sudah diguncang tiga kali gempa ya yang pertama tadi sekitar pukul 15.00 WIB dengan kekuatan sekitar 4,1 kemudian pukul 15.00 sekian juga kekuatannya 3, sekian dan yang terakhir tadi kekuatannya ada di 4,8 Magnitudo,” Terang Teguh, Minggu (31/12/2023) malam. 

Teguh menjelaskan BMKG Jabar belum bisa memastikan penyebab gempa yang terjadi di Sumedang dikarenakan oleh aktivitas atau pergerakan sesar yang ada di wilayah tersebut. 

"Jadi kami belum bisa menyampaikan bahwa ini dari sesar apa namun yang jelas dari sesar-sesar aktif yang berada di sekitar Sumedang," tuturnya. 

Selain itu Teguh juga menyebut BMKG Jabar tidak bisa memprediksi akan adanya gempa susulan. Saat ini BMKG Jabar hanya bisa melakukan pemantauan saja. 

"Gempa susulan pun tidak bisa kita prediksi namun kita masih terus memantau mudah-mudahan ini gempanya tidak berlanjut," Jelasnya. 

Lebih lanjut Teguh meminta kepada masyarakat agar tidak panik dan terus meningkatkan kewaspadaan serta mengikuti informasi yang dikeluarkan oleh BMKG. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral