Tim BASARNAS saat proses evakuasi korban kecelakaan kereta.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

KAI dan KNKT Bakal Umumkan Penyebab Kecelakaan Kereta Bandung 3 Hari Kedepan 

Sabtu, 6 Januari 2024 - 17:24 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, yang terjadi pada Jumat (05/01/2024) di Jalur Petak, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan pendalaman penyebab terjadinya tabrakan tersebut. Ia mengestimasikan hasil dari penyelidikan tersebut akan diumumkan sekitar 3 sampai 4 hari kedepan. 

"Semenjak tadi malam ya kami didampingi oleh pak dirjen kereta api, kemudian dengan KNKT ini terus melakukan pendalaman atas kejadian kemarin dan ini adalah tupoksinya KNKT. Jadi kami berikan data sepenuhnya apa yang terjadi kemarin. Ambil waktu sebentar ya mungkin 3 sampai 4 hari. Nanti kan kami akan menyampaikan pernyataan semua,"katanya usai melakukan santuan para korban di Kantor KAI Bandung, Sabtu (06/01/2024). 

Selain itu ia menjelaskan, pasca insiden tersebut saat ini perlintasan jalur kereta itu sudah bisa dilintasi kembali, gerbong kereta yang anjlok sudah dievakuasi sejak malam kemarin.

"Sejak tadi malam 1:00 WiB atau 2:00 WIB itu sudah dapat dilintasi setelah kita evakuasi seluruh gerbong kereta yang mengalami tabrakan, terus kemudian kita melakukan perbaikan atas prasarana karena terdapat bantalan bantalan yang rusak ya itu sudah selesai. Udah normal dengan kecepatan 5km jam. Nah, untuk itu kami akan terus melakukan pengamatan. Sementara ini kami lakukan pengoperasian dengan wakaka Jadi karena kejadian kemarin maka ini kita tingkatkan SOP mengenai prosedur operasional antara Cicalengka yang jalur tabrakan itu,"bebernya.
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral