Kondisi SD Babakan Talang di Desa Cibedug Kecamatan Rongga KBB Ambruk usai terkena bencana susulan.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

Pergerakan Tanah Ancam Warga, Sebabkan 40 KK Mengungsi dan Sebuah Bangunan SD Hancur

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:42 WIB

Bandung Barat, tvOnenews.com - Warga Kampung Cigombong, RT 04 RW 13, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, kembali dikagetkan dengan bencana pergerakan tanah yang terjadi pada Kamis (29/02/2024) pagi, sebuah bangunan Sekolah Dasar (SD) dilaporkan rata dengan tanah. 

Selain bangunan SD, pemukiman warga dan akses jalan pun rusak lantaran pergerakan tanah tersebut melebar hingga 30 centimeter. 

Kepala Desa Cibedug, Engkus Kustendi menyampaikan, sebanyak 44 Kepala keluarga (KK) terdiri 130 jiwa di kampung Cigombong terpaksa berbondong-bondong mengungsi meninggalkan rumah. 

Ia juga mengatakan untuk bangunan yang sudah hancur berjumlah 10 rumah, 1 SD mengalami kerusakan, serta 44 rumah terancam.

"Jadi warga yang terdampak ini sekarang mengungsi ke rumah saudaranya. Kemudian ada juga yang mengungsi ke Masjid Nurul Huda di Kampung Cigombong," kata Engkus Kustendi. 

Sampai saat ini sejumlah warga yang mengungsi belum kembali ke rumah, karena masih khawatir bencana susulan.


"Warga masih mengungsi sambil menunggu hasil assessment, apakah bisa kembali ke rumah masing-masing atau ada tindakan lain dalam waktu dekat. Kami memang minta supaya segera ada Badan Geologi meneliti kondisi di sini,"ujar Engkus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral